Panduan Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2016 | kekampusku.com
Breaking News
A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Home / Lomba dan Kompetisi / Panduan Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2016

Panduan Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2016

ristek2

Kekampusku- Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2016 telah dibuka kembali kampuser. Bagi kalian yang terdaftar atau mengikuti Organisasi di kampus kalian baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).  Bisa mengikuti kegitan yang dilaksanakan rutin tiap tahun oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi.

Bagi kalian yang ingin berpartisipasi namun masih bingung, kekampusku bakal sedikit mereview sedikit mengenai panduan PHBD untuk tahun 2016 ini.

SASARAN DAN TUJUAN

Sasaran

Sasaran penyelenggaraan PHBD adalah:

  1. membentuk mahasiswa yang berkarakter positif, empatik, peduli, ulet dan kreatif, bertanggung jawab dan mampu bekerjasama untuk memberdayakan masyarakat;
  2. menemukan atau mengembangkan potensi desa untuk pemberdayaan masyarakat;
  3. membangun kerjasama yang baik antara mahasiswa, perguruan tinggi, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat khususnya yang tinggal di pedesaan.

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan PHBD adalah untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk berperan aktif dalam pembangunan, melalui program pengabdian kepada masyarakat yaitu:

  1. membantu mengatasi permasalahan pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan yang dihadapi masyarakat desa melalui upaya peningkatan kesadaran, wawasa/pengetahuan dan keterampilan;
  2. menerapkan teknologi tepat guna dalam tim kerja yang bersifat interdisipliner;
  3. menjadikan lokasi PHBD sebagai desa binaan kampus.

LINGKUP DAN TEMA

Lingkup

Lingkup bidang PHBD meliputi pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan lingkungan yang berkelanjutan. Kegiatan yang diusulkan harus bersifat strategis berdasarkan potensi dan identifikasi masalah masyarakat serta memiliki roadmap yang jelas yang menggambarkan partisipasi masyarakat, perguruan tinggi, pemerintah daerah dan swasta. Selain itu kegiatan yang dilakukan juga menjamin terwujudnya program berkelanjutan.

Tema

Tema Hibah Bina Desa antara lain:

  1. Pengentasan kemiskinan;
  2. Kesehatan, penyakit tropis, gizi & obat-obatan;
  3. Pendidikan;
  4. Ketahanan dan keamanan pangan;
  5. Energi baru dan terbarukan;
  6. Keragaman hayati;
  7. Mitigasi bencana;
  8. Seni dan budaya/industri kreatif/pariwisata;
  9. Teknologi informasi dan komunikasi.

Adapun lingkup sasaran kegiatan PHBD adalah satu desa yang dapat dijangkau (akses) dengan mudah oleh perguruan tinggi pelaksana pada saat dan pasca pelaksanaan.

PARTISIPAN (Yang dapat mengikuti)

Pengusul PHBD adalah kelompok mahasiswa aktif program Sarjana atau Diploma berbagai disiplin yang berasal dari 1 (satu) perguruan tinggi atau lebih yang tergabung di dalam organisasi kemahasiswaan baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan disetujui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi pelaksana.

Organisasi dimaksud adalah organisasi kemahasiswaan intra perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dibuktikan dengan Surat Keputusan Pimpinan Perguruan Tinggi atau antar perguruan tinggi yang dibuktikan denngan Surat Keputusan dari Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan/Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

PROPOSAL

Berbeda dengan PKM, sestematika pengiriman proposal PHBD dikirim dua kali yaitu Pra-Proposal dan Proposal lengkap.

Persyaratan Administratif

Setiap proposal harus memenuhi persyaratan administrasi, yaitu:

  1. Diajukan oleh ketua pelaksana diketahui oleh pimpinan organisasi pengusul (IOMS, BEM, UKM) dan Dosen Pendamping, disetujui oleh Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan.
  2. Jumlah pelaksana minimal 5 orang (lintas angkatan)
  3. Wajib menyertakan SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN KERJA SAMA (bermeterai) dari kelompok masyarakat sasaran yang diketahui oleh pemerintah desa.
  4. Wajib menyertakan surat keputusan legalitas organisasi organisasi dari Rektor/Ketua/Direktur (intrakampus) atau Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan/Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (antar kampus).
  5. Diajukan secara daring (on-line).
  6. Penulisan Pra-Proposal

Pra-proposal disusun secara ringkas maksimal 4-6 halaman A4, 1 (satu) spasi, jenis Times New Roman ukuran font 12. Untuk Sistematika penulisan dapat diunduh Disini.

Penulisan Proposal Lengkap

Pra-proposal terpilih akan diminta untuk mempresentasikan proposal lengkap dengan ketentuan:

  1. Proposal disusun mengikuti sistematika penulisan sesuai kriteria yang tercantum dalam buku pedoman ini, tidak lebih dari 15 halaman.
  2. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baku
  3. Kelengkapan administratif yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, halaman pengesahan, diberi nomor halaman menggunakan angka romawi-kecil, dan diketik di sebelah kanan-bawah (i, ii, dan seterusnya).
  4. Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan ururtan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka Arab.
  5. Gambar dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka arab.

Sistematika dan penjelasan penulisan proposal lengkap dapat diunduh Disini.

Pendaftaran Pra-Proposal

Pendafaran pra-proposal dilakukan secara daring melalui laman: http://phbd.dikti.go.id/ dengan tata cara berikut:

  1. Membuka laman: http://phbd.dikti.go.id/, menu pendaftaran pra proposal
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan
  3. Melampirkan/menggunggah dokumen elektronik berupa file dengan format PDF sebagai berikut:
  • Surat Keputusan organisasi kemahasiswaan yang ditandatangani oleh Rektor/Ketua/Direktur atau Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan/Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (untuk ormawa antar PT);
  • Surat pernyataan kerja sama dari kelompok masyarakat sasaran yang diiketahui oleh pemerintah desa;
  • Surat kesediaan pembimbing untuk membimbing kegiatan PHBD;
  • Rekomendasai dari pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan untuk kegiatan PHBD;
  • Pra proposal sesuai dengan ketentuan.

4. Mencetak tanda bukti pendaftaran PHBD yang disertai dengan password.

Bagi organisasi kemahasiswaan bukan tingkat perguruan tinggi, selain melampirkan SK, harus melampirkan persetujuan pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan.

Pendaftaran Proposal Lengkap

  1. Memilih menu pendaftaran proposal pada laman: http://phbd.dikti.go.id/ dengan menggunakan password yang sudah diberikan sebelumnya;
  2. Mengunggah proposal lengkap berupa softcopy dengan format PDF sesuai ketentuan panduan;
  3. Mengunggah Surat Tugas Tim PHBD yang diterbitkan oleh pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan.

Pengumuman Undangan Presentasi

  1. Proposal yang lolos untuk mengikuti kegiatan presentasi dapat dilihat pada laman: http://phbd.dikti.go.id/ dan dikirim melalui surel ketua tim.
  2. Peserta yang diundang membawa kelengkapan sebagai berikut:
  • Dokumen pendukung kondisi awal sasaran kegiatan PHBD (foto, video, hasil wawancara, dll);
  • Proposal sebanyak 2 (dua) hardcopy;
  • Surat Tugas dari pimpinan perguruan tinggi.

PENILAIAN

Penilaian dilakukan dalam 3 (tiga) tahap, yaitu:

  1. Tahap I: Penilaian Tahap I dilakukan untuk menilai pra-proposal (seleksi administrasi dan isi/konten).
  1. Tahap II: Penilaian Tahap II dilakukan untuk menilai proposal lengkap (kriteria seleksi, lihat Form Penilaian PHBD).
  1. Tahap III: Pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program PHBD akan dilakukan pada pertengahan pelaksanaan program (bagi proposal yang lolos).

Demikian sekilas mengenai panduan PHBD 2016 yang bisa kekampusku bagikan untuk kawan-kawan mahasiswa sekalian. Semoga bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa like fans pege kami dan bagikan ke teman-teman kalian jika dirasa artikel ini bermanfaat. Sekian dari kekampusku, semoga kalianlah yang terpilih tahun ini. Jangan takut mencoba dan terus berkarya dan berinovasi.

Share informasi ini ke teman-teman kalian jika dirasa info ini bermanfaat.

About kekampusku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *